assalamu'alaikum

Assalamu'alaikum

Semua yang ada disini adalah hasil Reportase dari dulur dulur Jamaah Maiyah yang ada di manapun Baik dari Kenduri Cinta(KC) Obor Ilahi(OI) BangBang wetan (BBW) Mocopat syafaat (MS) gambang Syafaat (GS) dan maiyah maiyah lain yng sulit sayaa sebutkan,
Blog ini juga memuat syair ataupun puisi Terutama Milik Cak Nun (Emha Ainun Nadjib).
Blog ini Juga menampung saran dan kritik juga tidak berkeberatan apabila ada saudara atau pengunjung atau teman bahkan musuh sekalipun yang ingin menuangkan ide dan tulisan tulisanya...

28/08/11

9 PESAN IDULFITHRI 1432-H dari Cak Nun ;



Teman2 Maiyah senusantara, asswrwb.

1. Minal 'aidin walfaizin, selamat Idul Fithri 1432-H. Mohon maaf lahir batin, halal bihalal fiddunya walakhirah.
Sesungguhnya puasa tak nunggu Ramadlan, berhari raya tak nunggu Idulfithri.
Selamat meneguhkan istiqamah peradaban inti di keluarga masing2.

2. Pesan utama Maiyah utk ummat manusia penghuni zaman ultra-jahiliyah sekarang ini: "Keutuhan keluarga2 kecil manusia adalah faktor utama penjaga keseimbangan peradaban. Sebab utama turunnya adzab Allah adalah hancurnya keluarga2 manusia".
Jamaah☼Maiyah tidak tertipu, terjebak atau terperdaya oleh godaan2 dan fatamorgana apapun yg menyertai perjuangan pengutuhan keluarga.

3. Selamat menikmati kemenangan Idulfitri, yg bisa berupa kegembiraan, kerukunan, rizqi dan harapan; tapi bisa juga berupa keprihatinan, kesedihan, ujian, pengabdian atau peningkatan kesabaran.

4. Keadaan apapun saja, gembira atau menderita, miskin atau kaya, sulit atau mudah, rumit atau sederhana, jika Allah yg menghendakinya, dan diterima dg ikhlas dalam taqwa dan tawakkal -- tidak akan membuahkan apapun kecuali berkah dan hikmah, rizqi dan hidayah -- bagi keluarga hingga anak cucu Maiyah.

5. Dunia bergulir, dan Maiyah bergerak, di maqamnya masing2.
Dunia tak berlangsung di Maiyah, tapi Maiyah berlangsung di sebagian Dunia.
Antara Dunia dan Maiyah terdapat perbedaan utk sebagian hal dan pertentangan utk sebagian hal lain.
Berbeda dan bertentangan pada niat di iradah qalbunya, pada aqidah dan ideologinya, pada skala pandang dan cara berpikirnya, pada sistem analisis dan pola kelolanya.

6. Juga berbeda dan bertentangan pada pilihan jalan Syariatnya, cara berjalan Thariqatnya, titik tuju Haqiqatnya, maupun makrifat Subyek Muwajjahahnya.
Pun berbeda dan bertentangan mapping konstelasi nilainya, tinggi rendahnya, penting tidaknya, primer sekundernya, bumi langitnya.

7. Dunia tidak mengerti perbedaan dan pertentangan itu, karena Dunia adalah pihak yang ditolong, dientas, diselamatkan dan dibangkitkan.
Semantara Maiyah mengerti perbedaan dan pertentangan itu, karena Maiyah adalah pihak yang menolong, mengentaskan, menyelamatkan dan membangkitkan.

8. Di ruang Maiyah, nyata betapa lemah, bobrok dan rentannya Dunia. Di tengah Dunia, nyata betapa agung dan dahsyat kekuatan Allah yg dipantulkannya melalui kehadiran Maiyah. Pada setiap peristiwa Maiyahan di banyak titik-titik Dunia selama dua bulan terakhir, sangat luar biasa dan mewujud hidayah dan kasih sayang Allah.

9. Semua manusia Maiyah selalu bersiap siaga diperjalankan oleh Allah, dalam konteks dan skala apapun. Menerima dan melakukannya dengan energi ibadah yg tuntas, cinta yg sejati dan mengabadi, serta dengan kecerdasan dan kearifan -- atas apapun saja perintah-Nya.
Seluruh isi Dunia dan duka derita Indonesia tidak ditagih oleh Allah kpd kita. Karena yg terpenting pada kita adalah cinta, keyakinan dan pengabdian ikhlas tanpa batas kepada kasih sayang-Nya.

Tidak ada komentar: