assalamu'alaikum

Assalamu'alaikum

Semua yang ada disini adalah hasil Reportase dari dulur dulur Jamaah Maiyah yang ada di manapun Baik dari Kenduri Cinta(KC) Obor Ilahi(OI) BangBang wetan (BBW) Mocopat syafaat (MS) gambang Syafaat (GS) dan maiyah maiyah lain yng sulit sayaa sebutkan,
Blog ini juga memuat syair ataupun puisi Terutama Milik Cak Nun (Emha Ainun Nadjib).
Blog ini Juga menampung saran dan kritik juga tidak berkeberatan apabila ada saudara atau pengunjung atau teman bahkan musuh sekalipun yang ingin menuangkan ide dan tulisan tulisanya...

29/08/11

Balada Seorang Guk dan Group Kentrungnya (em syuhada)


DALAM sebuah acara mengenang seratus hari wafatnya seorang tokoh ternama negeri ini, seorang Gus diundang untuk memberikan ceramah keagamaan. Disamping Gus, diundang juga seorang Guk lengkap dengan grup kentrungnya. Seperti biasa, Guk kita ini mendapat giliran pertama untuk mengantarkan acara. Maka, diantarkan jama'ah pada situasi bahwa malam hari itu adalah malam yang sangat wingit, karena tokoh yang telah dipanggil keharibaannya adalah bukan sembarang manusia. Ia bukan hanya seorang syech, tapi Maula.

Maka, tak ada kemungkinan lain bagi jamaah yang hadir selain harus menyiapkan situasi mental yang prima demi menyambut kehadiran tokoh yang eksistensinya telah tak terikat ruang dan waktu. Bahkan, menurut Guk, kehadiran tokoh yang diperingati malam hari itu diantarkan langsung oleh para malaikat, dan tentu saja diiringi Kanjeng Nabi Muhammad SAW.

Alhasil, acara malam hari itu berlangsung sangat gayeng dan khusyuk. Meski sesekali diselingi gelak tawa akibat joke-joke segar yang dilontarkan Guk, terutama terkait keberadaan wakil kepala daerah sebuah propinsi, yang sebelumnya memberikan kata sambutan. Namun, acara yang berlangsung malam hari itu terasa sangat menembus ruang batin, terlebih ketika serangkaian sholawat dan wirid yang dilantunkan Grup Kentrung yang membuat jamaah yang hadir larut dalam suasana yang sakral.

Ketika beberapa waktu merasa cukup mengantarkan acara, si Guk kemudian mempersilahkan Gus untuk memberikan cipratan ilmu kepada jamaah, terkait dengan keberadaan tokoh yang setelah wafatnya, bahkan mampu menyedot perhatian seluruh manusia di seantero dunia.

Dalam ceramahnya, Gus kita ini memaparkan beberapa hal terkait keberadaan sang tokoh. Menurutnya, si Tokoh yang saat ini telah wafat, terbukti mampu mempraktekkan sebuah hadits dari kanjeng Nabi, bahwa orang islam yang baik adalah yang memberikan makanan bagi orang yang membutuhkan. Dan tokoh kita ini, selama hidup telah melaksanakan ajaran tersebut, disamping juga hal-hal kebaikan lainnya. Ia bukan seorang petinju yang senantiasa menggenggamkan tangannya (idiom bagi orang kikir), tapi pesilat yang telapak tangannya selalu terbuka (simbol bagi orang yang dermawan).

Maka tak heran, ketika wafat, tokoh kita ini memanen perbuatanya ketika masih hidup. Wafatnya begitu menarik perhatian jutaan orang dari semua kalangan, dari dalam dan luar negeri. Dari kenyataan itulah, Gus kita ini memberikan kesimpulan, bahwa ciri waliyullah, disamping istiqomah dalam iman, tauhid, serta perilaku, juga keramat ketika hidup, keramat tatkala mati, dan keramat sesudah mati. Alhasil, masih menurut Gus, kalau kemudian ada manusia yang keramat ketika hidup, tapi tak keramat ketika mati, maupun sesudah mati, itu adalah sebagian tanda bahwa manusia yang bersangkutan adalah seorang pendusta. Bahkan tanpa tedeng aling-aling, si Gus melontarkan pernyataan,"kari ndeleng wae si Guk kuwi mengko matine piye, apa ya keramat atau tidak."

Menanggapi hal tersebut, Guk kita yang kembali memegang mike ketika ceramah si Gus telah berakhir menanggapi dengan cerdas, tapi juga sangat menohok.
"Gus, tokoh kita ini adalah orang yang sangat besar, bahkan sangat buesar. Jadi jangan dibuat untuknggedeni saya. Kalau ada seribu satu, tokoh kita ini bukan hanya sejuta satu, bahkan semilyar satu karena saking besarnya. Maka, kebesaran tokoh kita ini, sekali lagi jangan disepadankan dengan diri saya. Tokoh kita ini bom, sedangkan saya semut. Maka, jangan jadikan bom itu untuk menge-bom saya. Nyuwun sewu. Saya ini orang kecil, jangan harapkan memiliki keramat. Keramat itu karamah. Karamah itu hak wali. Kalau Nabi memiliki hak wahyu. Sementara saya, dan juga jamaah yang hadir paling banter hanya mempunyai hak ma'unah, fadhilah, atau bahkan hanya ilham. Bagi saya, karamah itu hanya Kanjeng Nabi Muhammad SAW."

"Maka nyuwun sewu, jangan tunggu keramat saya. Bahkan, ketika nanti saya mati, semoga yang menziarahi hanya anak istri, dan juga dulur-dulur saya. Bahkan saya berdoa, ketika saya mati, tak ada seorang manusiapun yang mengetahui. Hidup mati saya tidak tergantung dari seberapa banyak manusia yang menziarahi kuburan saya, tapi hidup mati saya ditentukan oleh amal-amal saya di hadapan Allah SWT. Maka nyuwun sewu, Gus. tidak usah menunggu keramat saya. Sebagai manusia, saya tidak berani memiliki apa-apa. Jangankan keramat, bahkan diri saya sendiri saya tak pernah memiliki. Ada tidaknya saya di dunia ini tak ada bedanya. Yang ada hanya Allah dan Rasululullah. Dan saya bersedia tidak ada, asalkan Allah dan Kanjeng Nabi Muhammad tetap ada dalam kandungan batin sedulur-sedulur saya. Jadi ojo nggedeni aku. Mergo aku cilik"

Begitulah, acara malam hari itu menyulutkan ilmu baru dalam diri saya. Bahwa jika tidak hati-hati, bahkan seorang kiai pun dengan sangat mudah terjebak pada kibriya'. Itulah sebabnya, Guk kita ini pada akhir acara, setelah bersama-sama jamaah melantunkan sholawat indal qiyam, mengajak jamaah yang tersisa agar bersama-sama memohon kepada Allah agar dianugrahi tawadlu'.

Tak rugi kiranya, jika melakukan perjalanan menembus belantara dalam pekatnya malam, hanya untuk bertatap bersitatap dengan kesejatian, demi Allah dan juga Kanjeng Nabi Muhammad SAW.***

Tidak ada komentar: